Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Status Gizi Balita Melalui Edukasi Media Leaflet

  • Risna Cacong STIKES Kurnia Jaya Persada
  • Lestari Lorna Lolo STIKES Kurnia Jaya Persada
  • indah Mustikasari STIKES Kurnia Jaya Persada
Keywords: Edukasi, Balita, ibu, Gizi, Leaflet

Abstract

Angka anak-anak yang menderita kekurangan gizi di Indonesia ternyata masih tinggi bila dibandingkan angka ambang batas yang ditetapkan badan kesehatan dunia (WHO). Mencegahan masalah gizi dapat dilakukan dengan perubahan perilaku masyarakat. Upaya merubah perilaku tersebut salah satunya melalui edukasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pengetahuan ibu tentang status gizi balita melalui edukasi media leaflet.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan one pretest-posttest group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu ibu yang memiliki balita di wilayah kerja UPTD puskesmas Lampia Kabupaten Luwu Timur sebanyak 84 oorang. Penelitian ini menggunakan leaflet dalam pelaksanaannya. Uji analisa yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test.

Hasil analisa data diperoleh terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan pengetahuan ibu tentang status gizi balita (p value 0,000).

Disarankan bagi pihak puskesmas untuk meningkatkan pendidikan kesehatan kepada masyarakat menggunakan media edukasi yang dapat memberikan infomasi dengan tepat dan jelas.

References

Anggraini, B. S. (2010). Menu Sehat Alami Untuk Balita & batita. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Darmayana, H. (2017, maret 09). Angka Kekurangan Gizi Indonesia Diatas Ambang Batas WHO. from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170309074408-255-198873/angka-kekurangan-gizi-indonesia-diatas-ambang-batas-who
Donsu, J. D. (2017). Metodologi penelitian keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
ICHRC. (2016). Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak Di Rumah Sakit, from Hospital Care for Children: http://www.ichrc.org/lampiran-5-melakukan-penilaian-status-gizi-anak
IDAI. (2017). Pentingnya Pemantauan Tumbuh Kembang 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia: http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pentingnya-pemantauan-tumbuh-kembang-1000-hari-pertama-kehidupan-anak
Istiany, A. d. (2013). Gizi Terapan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Istiqomah, I. G. (2015). Pengaruh Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Wus (Wanita Usia Subur) Dalam Pemilihan Kontrasepsi Iud (Intra Uterine Device) Di Desa Tegalrejo Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Skripsi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, diakses dari http://eprints.ums.ac.id/47410/1/ NASKAH %20PUBLIKASI.pdf.
Karimawati, D. A. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Mengenai Asupan Gizi Pada Usia Toddler Di Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, diakses dari http://eprints.ums.ac.id/25653/ 13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf.
Kemenkes. (2015). Situasi Kesehtana Anak Balita di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi, Kementrian Kesehatan RI.
Kemenkes. (2018). Buku saku Pemantauan status gizi tahun 2017. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan.
Kemenkes. (2018). Hasil utama riset kesehatan dasar tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Kemenkes. (2018). Leaflet TOSS TBC. Jakarta: Direktorat Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementrian Kesehatan RI.
Kemenkes. (2019, Januari 30). Status Gizi Indonesia Alami Perbaikan, from Kementrian Kesehatan RI: http://www.depkes.go.id/article/view/19013100001/status-gizi-indonesia-alami-perbaikan.html
Mardalena, I. (2017). Dasar-dasar ilmu gizi dalam keperawatan, konsep dan penerapan pada asuhan keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Notoatmojo. (2012). Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Permenkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Tentang Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Wawan, D. d. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Published
2021-05-31