Lama Menderita Dan Tingkat Hipertensi Dengan Tingkat Kecemasan Pada Lansia Dalam Tinjauan Studi Cross Sectional

  • Cheristina Nfn STIKES Kurnia Jaya Persada
  • Herawati Ramli STIKES Kurnia Jaya Persada
Keywords: Hipertensi, Kecemasan, Lansia

Abstract

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Hubungan antara lama menderita dan tingkat hipertensi dengan tingkat kecemasan pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Walenrang Tahun 2019.

Desain penelitian yang digunakan yaitu Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional, besar sampel 75 orang yang pemilihannya dengan menggunakan tehnikPurvosive Sampling yaituteknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang di perlukan peneliti, instrumen pengumpulan data dengan menggunakan alat ukur kuisioner, analisis data dengan menggunakan statistik distribusi frekuensi, dan uji Chi Squares selanjutnya di narasikan.

Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan Uji Chi-Square didapatkan tingkat signifikansi lama menderita hipertensi dengan tingkat hipertensi pada lansia p = 0.006 Karena nilai p <0.05 sedangkan lama menderita hipertensi dengan tingkat kecemasan pada lansiap = 0.001  Karena nilai p >0.05 Karena kedua  nilai α < 0.05, maka H1 diterima dan H0 ditolak sehingga dapat di simpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Lama Menderita dan tingkat hipertensi dengan tingkat kecemasan pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Walenrang.

References

Andhika Mahatidanar, 2016. Jurnal Kesehatan Fakultas Kedokteran Pendidikan Dokter Universitas Lampung Bandar LampungPengaruh Musik Klasik Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi.Di AksesPadaTanggal 27-07-2019

Badan Pusat Statistik (BPS). 2013. Statistik Penduduk Lansia Survey sosial Ekonomi Nasional. Jakarta : BPS

Dhevy Wulandari. 2014. Jurnal Kesehatan Program Studi S1 KedokteranFakultas kedokteran Universitas Jember. Hubungan Lamanya Menderita HipertensiDengan Tingkat Depresi Pada Pasien PoliPenyakit Dalam Rsd Dr. Soebandi Jember.Di AksesPadaTanggal 17-07-2019

Dines Kesehatan Kota Surakarta. 2012. 10 Besar Pola Penyakit Rawat Jalan di puskesmas pada lansia.

Hidayat, Alimul AA. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Lina Dwi Yoga Pramana. 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah semarang Faktor-Fakyor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Demak II.

Mubarak,Santoso,Rozikin&Patonah.2006.Ilmukeperawatankomunitas2.Jakarta:SagungSeto

Notoatmodjo. 2010. MetodologiPenelitianKesehatan. RinekaCipta. Jakarta.

Nugroho,W.1999.Keperawatangerontik,Edisi2.Jakarta:PenerbitBukuKedokteranEGC.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. : Jakarta : Salemba Medika

Potter, Patricia A. & Anne G. Perry. 2009. Fundamental Of Nursing. Edisi. Jakarta: Salemba Medika

Santi Widianingrum, 2016. Jurnal Kesehatan Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Gambaran Umum Karakteristik Lansia Dengan Depresi Di Panti Wilayah Kota Semarang.

Sugiono, 2015. Statistik Untuk Penelitian cetakan kesembilanbelas, Penerbit Alfabeta, Bandung.


Videbeck, Sheila L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC

WHO, 2015. Hipertension Report. Who Tehnical Report Series : Geneva
Published
2021-05-31