Analisis Penyimpanan Obat Di Puskesmas Wara Kota Palopo

  • Ervianingsih Nfn Prodi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Pertanian, dan Kelautan, Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Abd Razak STIKES Kurnia Jaya Persada
Keywords: Penyimpanan, Obat

Abstract

Penyimpanan obat merupakan suatu kegiatan pengaturan terhadap obat yang diterima agar aman (tidak hilang), terhindar dari kerusakan fisik maupun kimia dan mutunya tetap terjamin, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyimpanan obat di Puskesmas Wara Utara Kota.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  yaitu keadaan yang sebenarnya berdasarkan data dan fakta yang ditemukan di lapangan, dalam penelitian ini digunakan metode trigulasi yaitu metode observasi, wawancara dan kuisioner. Variabel dalam penelitian ini yaitu Puskesmas Wara Utara Kota dan Gudang penyimpanan obat sebagai variabel bebas dan sarana prasarana penyimpanan obat, pengaturan penyimpanan obat serta penyimpanan khusus obat sebagai variabel terikat. Data disajikan dalam bentuk tabel dan narasi.

Hasil penelitian menunjukkan Puskesmas Kecamatan Wara Utara Kota belum memenuhi standar penyimpanan obat, seperti gudang penyimpanan obat  masih sempit , dus-dus obat di letakkan diatas lantai dan tidak dilapisi pallet, ventilasi tidak dilengkapi dengan gorden atau dicat putih.

References

Anjarwati,Rori. 2010. Evaluasi Kesesuaian Pengelolaan Obat Pada Puskesmas Dengan Standar Pengelolaan Obat Yang Ada di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2009.
Departemen Kesehatan RI. 2004. Pedoman Pengelolaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Departemen Kesehatan RI. 2007. Materi Pelatihan Pengelolaan Obat di Kabupaten/ Kota.

Kementrian Kesehatan RI. 2012. Profil Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

Hatmoko.2006. Sistem Pelayanan Kesehatan Dasar Puskesmas. Laboratorium IKM PSKU Universitas Mulawarman: Samarinda.
Muharomah, Septi. 2008. Manajemen Penyimpanan Obat FKM UI: Yogyakarta.
Rukmini dkk. 2011. Ketersediaan Dan Kelayakan Gudang Obat Puskesmas Berdasarkan Geografi Dan Topografi Di Indonesia, Vol 17 No. 3 juli 2014: 309-318.
Lestari, Nova. 2013. Pengaruh kondisi penyimpanan obat terhadap kualitas tablet vitamin C di Puskesmas Kecamatan Pontianak Kota. Universitas tanjungpura Pontianak.
Umi, A. 2011. Profil Penyimpanan Obat di Wilayah Surabaya Timur.
Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas.
Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit.
Somantri, Pratiwi, Anggiani. 2013. Evaluasi Pengelolaan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit”X”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Palupiningtyas, Retno. 2014. Analisa Sistem Penyimpanan Obat Di Gudang Farmasi Rumah Sakit Mulya Tangerang. Universitas Islam Negri Syarif Hidatullah: Jakarta.
Atijah U, et al., 2011. Profil Penyimpanan Obat di Puskesmas wilayah Surabaya Timur dan Pusat.
Jurnal Farmasi Indonesia, Vol. 5, No. 4: 213-222.
Peraturan Mentri Kesehatan. 2014. Pusat Kesehatan Masyarakat.
Peraturan Mentri Kesehatan. 2015. Peredaran, Penyimpanan, Pemusnahan dan Pelaporan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor.
Sindarto Putra, Ivan. 2013. Studi Penyimpanan Obat Di Puskesmas Pada Dua Kecamatan Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2, No. 2 (2013).
Direktorat Jendral Bina Kefarmasian RI. 2010. Materi Pelatihan Manajemen Kefarmasian Di Puskesmas. Jakarta.
Mangindara dkk. 2011. Analisis Pengelolaan Obat di Puskesmas Kampala Kec. Sinjai Timur Kab. Sinjai, Jurnal AKK, Vol. 1, No. 1: 1-55.
Dina Prihatiningsih. 2012. Gambaran Sistem Penyimpanan Obat di Gudang Farmasi RS ASRI, FKM UI.
Published
2021-05-31